Pencapaian kinerja perusahaan merupakan hal yang harus terpenuhi dalam setian kegiatan usaha baik personal maupun kelompok. Dalam memaksimalkan pencapaian kinerja dibutuhkan kerjasama yang baik antara top manajemen dengan tim kinerja yang telah ditunjuk oleh perusahaan.
Tim kinerja harus ekstra kerja keras dalam menuju perubahan yang diinginkan perusahaan, apalagi perusahaam yang membutuhkam fokus dalam meningkatkan kinerjanya yang berada dalam ambang batas.
- Kinerja
“Kinerja ( prestasi kerja ) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya”. “Kinerja seseorang merupakankombinasi dari kemampuan, usaha dan kesempatan yang dapat dinilai dari hasil kerjanya”.
Kinerja sendiri terbagi menjadi beberapa bagian dalam perusahaan tertentu seperti kinerja utama dan kinerja penunjang. Jika disubstitusikan akan menjadi poin atau total dari kinerja perusaan.
- Peranan Tim Kinerja
Tim kinerja disini berperan dalam menyediakan wadah serta informasi kinerja yang telah ditetapkan sebelumnya. Baik berupa tingkat pencapaian perusahaan ataupun kegiatan lain yang menjadi tolak ukur pencapaian kinerja dalam sebuah perusahaan.
Koordinasi yang baik sangat dibutuhkan antara tim kinerja dengan top manajemen.
Pemaparan rutin tim kinerja harus tetap konstan dan update kepada manajemen agar mempermudah bagian mana yang perlu diperhatikan.
- Manajemen Atas
Tugas utama manajemen merupakan mengatur dan mengarahkan tugas dari tiap tiap bidang dalam mencapai kinerja yang memuaskan.
Tips pencapaian kinerja
- Tim Kinerja harus rutin menyampaikan informasi valid atas tingkat pencapaian kinerja perusahaan. Dibutuhkan tim berwawasan luas dan paham tentang kinerja secara keseluruhan baik kinerja utama maupun kinerja pendukung.
- Untuk mempermudah penyampaian informasi dapat dibuatkan tabel pencapaian kinerja sederhana yang dapat mencangkup seluruh informasi yang dibutuhkan dan ditampilkan pada Visual Manajemen Perusahaan secara rutin.
- Informasi yang telah disampaikan kepada Top Manajemen segera cepat ditindaklanjuti dengan cara menyampaikan kembali kepada pimpinan di masing-masing bidang dalam sebuah organisasi. Bisa dilakukan didalam rapat pimpinan ataupun Sosialisasi langsung oleh Tim Kinerja yang dihadiri oleh Top Manajemen dan Jajarannya.
- Tim kinerja juga harus memberikan daftar kegiatan organisasi yang mendapatkan point dalam kinerja (secara garis besar/ secara terperinci)
- Setelah itu tugas pimpinan pada masing-masing bidang memaparkan kembali dan membagi tugas didalam kinerja yang diembannya dalam bidang tersebut. Misal seorang Asisten Manajer Administrasi dan Umum mendapatkan tugas dalam Kinerja SDM, Keuangan dan Fasilitas. Bagikan dan dijelaskan dalam rapat intern bidang tersebut dan dimintakan hasil atau eviden dalam penyelesaian kinerjanya.
- Sediakan sarana dan prasarana dalam penyampaian ide atau gagasan lain yang dapat mempermudah tercapainya kinerja tersebut.
- Kelompokkan informasi atau data yang telah dilaporkan masing-masing bidang dan lakukan verifikasi terlebih dahulu agar meminimalkan terjadinya kesalahan.
- Sampaikan kembali jika adanya kesalahan atau ketidaksuaian data yang disampaikan dalam pemenuhan kinerja perusahaan tersebut.
Dalam pencapaian kinerja yang maksimal perlu dilakukan penanaman mindset kuat dalam setiap individu karena jika mindset dalam pelaksnaan pekerjaan tidak terpenuhi maka kinerja maksimal yang diharapkan akan sangat sulit untuk didapatkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar