Sabtu, 09 Desember 2017

Hallo Jumat Sehat - Senam Aerobik

Selamat pagi dan selamat beraktivitas, Berikut 17 manfaat senam aerobik bagi kesehatan:


1. Menjaga Stamina Tubuh
Manfaat senam aerobik yang pertama yaitu dapat membantu menjaga stamina tubuh Anda. Jika dilakukan secara teratur, senam aerobik dapat membantu memperbaiki sistem pernapasan supaya dapat berfungsi secara lebih optimal dan pada akhirnya Anda pun tidak akan mudah merasa lelah.
2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Manfaat senam aerobik selanjutnya yaitu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dapat terjadi karena racun atau toksin yang ada di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat. Selain itu, semua organ tubuh pun akan bekerja secara optimal sehingga tubuh tidak mudah untuk terserang penyakit.

3. Mengurangi Stres
Stres yang dialami akibat melakukan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari dapat membuat tubuh Anda merasa kaku dan tegang, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Untuk itu diperlukan aktivitas yang dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, salah satunya dengan cara melakukan senam aerobik ini.
4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Aktivitas fisik seperti senam aerobik dipercaya dapat membakar kalori secara efektif dan dapat mengurangi lemak dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan berat badan. Oleh karena itu bagi Anda, terkhususnya wanita yang ingin memperoleh berat badan yang ideal dan tubuh langsing sangat disarankan untuk melakukan senam aerobik secara rutin.
5. Menjaga Kesehatan Jantung
Senam aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat efektif dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan dengan melakukan senam ini dapat membuat detak jantung menjadi lebih stabil. Hal inilah yang membuat banyak kalangan dewasa, terutama orang tua yang melakukan senam aerobik untuk menjaga kesehatan jantung mereka.
6. Menjaga Kesehatan Otot
Salah satu cara untuk menjaga kesehatan otot adalah dengan melakukan senam aerobik. Dengan melakukan senam aerobik ini, maka akan mendorong pembuluh darah untuk menyediakan cukup oksigen dalam otot dan menjauhkannya dari berbagai limbah. Disamping hal tersebut, aktivitas ini juga dapat mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh penderita nyeri otot kronis dan sakit punggung.
7. Meningkatkan Kemampuan Pernapasan
Jika Anda termasuk memiliki keluhan seperti mudah lelah saat beraktifitas, maka senam aerobik merupakan salah satu kegiatan olahraga yang perlu Anda ikuti. Ketika Anda merasa mudah lelah meski belum lama beraktivitas, bisa jadi karena Anda mengalami gangguan aliran oksigen. Salah satu manfaat aerobik ini adalah untuk mengembalikan kinerja fungsi pernafasan dalam tubuh.
8. Mengatasi Insomnia
Insomnia merupakan gejala kelainan berupa sulit tidur yang dapat disebabkan karena berbagai faktor. Terlepas dari hal tersebut, ternyata senam aerobik juga dapat membantu Anda dalam mengatasi insomnia dan membuat Anda lebih nyenyak pada malam harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar