Kamis, 07 Desember 2017

Tips Bermain Gitar Part 1



Cara Belajar Bermain Gitar – Apakah dari kalian ingin mengetahui cara bermain gitar dengan cepat dan dan mahir? Apakah kalian sekarang sedang mencari bagaimana sih mudahnya cara belajar bermain gitar?
Mungkin dari kita menganggap ada teman kita atau saudara kita yang memiliki bakat main gitar sehingga mereka begitu mudah dan cepatnya saat belajar gitar.

Mungkin juga ada dari kita yang minder karena merasa kurang bakat dalam main gitar sehingga ketika latihan belajar gitar sedikit lama dan merasa susah.
Tenang, dengan membaca artikel ini sampai habis, kemungkinan cukup memerlukan waktu paling maksimal 2 minggu kamu sudah bisa untuk menjadi gitaris yang handal. Karena berhasil mengenai belajar gitar dapat kamu kuasai dengan waktu cepat meskipun kamu sama sekali tidak bakat main gitar, terus bagaimana caranya ?
Baiklah pada artikel ini kita semua akan membahas tentang cara belajar gitar atau cara bermain gitar yang gampang untuk kita yang masih di level pemula. Nantinya kami sekaligus hendak menyampaikan penjelasan penjelasan tentang kunci kunci gitar secara lengkap.
Sebelum kita memberikan tips tentang cara bermain gitar yang mudah, kamu sebaiknya terlebih dahulu belajar mengenai kunci-kunci dasar bermain gitar. Dibawah ini adalah penjelasan singkatnya:

Cara Belajar Bermain Gitar

Berikut ini adalah kumpulan cara bagaimana cara bermain gitar yang baik dan benar, dan juga cepat mahir. Silahkan disimak

Belajar Kunci Dasar Gitar

cara belajar bermain gitar
Pada umumnya pada gitar terdapat 6 senar atau dawai, diawali dari yang paling bawah (paling kecil) hingga dengan yang paling atas atau paling besar. sama sama gitar akustik maupun gitar elektrik. Keduanya mempunyai nada yang mirip di setiap senarnya.
Adapun salah satu perbedaan antara gitar akustik dengan gitar elektrik yaitu pada tuningnya. Berikut beberapa  senar gitar yang menghasilkan masing masing nada :
  • Senar 1 (senar paling bawah) menghasilkan E’ => 1 : E’
  • Senar 2 menghasilkan nada B => 2 : B
  • Senar 3 menghasilkan nada G => 3 : G
  • Senar 4 menghasilkan nada D => 4 : D
  • Senar 5 menghasilkan nada A => 5 : A
  • Senar 6 (senar paling atas) menghasilkan nada E => 6 : E
Adapun nantinya kunci kunci dasar tersebut akan dibagi menjadi 2 yaitu kunci dasar (biasa) dan kunci dasar gitar minor. Namun yang paling utama adalah C Mayor, A Mayor, G mayor, E mayor, D mayor.
Kunci Dasar C
kunci dasar gitar
Pada Gambar diatas adalah kunci gitar C, kamu mampu untuk mempraktikannnya dengan otodidak di rumah. Adapun untuk bagaimana cara menempatkan atau memposisikan posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
kunci gitar c
Kunci Dasar D
kunci dasar d

Pada Gambar diatas adalah kunci gitar D, kamu mampu untuk mempraktikannnya dengan otodidak di rumah, Adapun untuk bagaimana cara menempatkan atau memposisikan posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
kunci dasar d
Kunci Dasar E
kunci dasar e
Pada Gambar diatas adalah kunci gitar E, kamu mampu untuk mempraktikannnya dengan otodidak di rumah, Adapun untuk bagaimana cara menempatkan atau memposisikan posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
kunci dasar e
Kunci Dasar F
chord gitar f
Pada Gambar diatas adalah kunci gitar F, kamu mampu untuk mempraktikannnya dengan otodidak di rumah, Adapun untuk bagaimana cara menempatkan atau memposisikan posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
kunci dasar f
Kunci Dasar G
kunci dasar g
Pada Gambar diatas adalah kunci gitar G, kamu mampu untuk mempraktikannnya dengan otodidak di rumah, Adapun untuk bagaimana cara menempatkan atau memposisikan posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
kunci dasar G
Kunci Dasar A
kunci gitar a
Pada Gambar diatas adalah kunci gitar A, kamu mampu untuk mempraktikannnya dengan otodidak di rumah, Adapun untuk bagaimana cara menempatkan atau memposisikan posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
chord gitar a
Kunci Dasar Dm
kunci dasar d minor
Pada Gambar diatas adalah kunci gitar D Minor, kamu mampu untuk mempraktikannnya dengan otodidak di rumah, Adapun untuk bagaimana cara menempatkan atau memposisikan posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
kunci d minor
Kunci Dasar Em
kunci Em
Pada Gambar diatas adalah kunci gitar E Minor, kamu mampu untuk mempraktikannnya dengan otodidak di rumah, Adapun untuk bagaimana cara menempatkan atau memposisikan posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
kunci dasar Em
Kunci Dasar Am
kunci gitar am
Pada Gambar diatas adalah kunci gitar A Minor, kamu mampu untuk mempraktikannnya dengan otodidak di rumah, Adapun untuk bagaimana cara menempatkan atau memposisikan posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
kunci a minor
Masing masing senar mempunyai nada nada yang tidak sama, bergantung fret mana yang hendak kamu tekan. Adapun fret itu bisa dikatakan ialah kolom kolom yang ada di gitar dan terpisahkan dengan besi pada lengan gitar.
Cara menyetem gitar manual
cara menyetem gitar secara manual
Sebetulnya cara ini amatlah mudah jika kita lakukan namun begitu pada prakteknya kerapkali menimbulkan para pemula kebingungan. Kenapa dapat demikian ?
Sebab kita mesti melakukan pelatihan pada pendengar kita serta kepekaan terkait nadanya
  1. pada fret ke-5, Tekanlah senar 6 , lantas tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan .
  2. pada fret ke-5, Tekanlah senar 5 , lalu tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan .
  3. pada fret ke-5, Tekanlah senar 4  selanjutnya tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan.
  4. pada fret ke-4, Tekanlah senar 3 , lantas tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan .
  5. pada fret ke-5, Tekanlah senar 2 , kemudian tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 1 yang dibunyikan .
Bagaimana ? sangat mudahkan menyetem gitar dengan metode manual. Kamu hanya ikuti saja tahapan-tahapan diatas namun begitu hal yang paling penting ialah telinga kamu harus senantiasa mendengarkan nada yang keluar dengan amat cermat

Cara menyetem gitar dengan tuning standar

Kenapa kita mesti memakai tuning standar sebab tuning sesungguhnya banyak banget dipakai oleh gitaris para gitaris dan biasanya lagu-lagu yang terdapat di pasaran memakai setelan standar seperti ini
Bagaimana caranya menyetel agar kita lebih standar tanpa memakai alat bantu semacam Tanner ini tahapan-tahapan sangat mudah ialah dengan secara langsung lewat lagu yang sudah kita dengar
Dalam perihal ini temukan dan lalu dengarkan lagu yang intro atau di permulaannya diawali dari chord E.
Sebab dengan chord itu kita bisa mengerti nada E Meskipun tidak dipetik atau nada Open string
Band yang biasanya menggunakan chord E sebagai permulaan lagunya ialah Peterpan salah satunya Di lagunya yang judulnya Mimpi Yang Sempurna tak Bisakah, serta bintang di surga
Coba kamu simak beberapa lagu itu dan simak juga chord-nya yang pertama sesudah mendengarkannya secara langsung sesuaikan nadanya dengan senar 6 pada gitar kamu.
Jika sudah sesuai, maka tahapan seterusnya ialah berikutnya ialah dapat memakai metode seperti yang telah diterangkan dalam cara menyetem manual di atas

Cara menyetem gitar dengan instrumen lain

Menyesuaikan dengan instrumen lain ini pada umumnya bisa dilakukan saat kita mulai memasuki ke dalam Studio.
Terkadang setelan nada gitar kita ada perbedaan dengan instrumen yang lain terus bagaimana caranya supaya nadanya terlihat mirip
Nah Kamu dapat menyesuaikan dengan suara instrumen yang lainnya contohnya ialah lewat keyboard.
Tidak cuma gitar saja saat Kalian main bass pula bisa memakai Teknik ini saat kamu sedang latihan bersama-sama dengan grup kamu
Demikianlah diantara cara dalam menyetem kunci gitar kamu dapat latihan dengan cara otodidak lewat ikuti tahapan-tahapan yang telah kami paparkan sebelumnya
Sesudah kamu mengetahui dan Mengerti kunci dasar gitar dan bagaimana cara menyetem gitar maka Berikut ini adalah sejumlah tips supaya kamu lebih gampang lagi belajar bermain gitar berikut ini adalah tipsnya.

Tips dan Cara Belajar Gitar untuk Pemula

cara bermain gitar untuk pemula
Dengan bermain gitar, tentunya kamu akan melibatkan perasaan dan jiwa seseorang. Untuk itulah apabila kamu mau belajar gitar dengan mudah serta cepat Kamu mesti dapat menjiwai panther senar yang kamu ketik dengan diri kamu sendiri, oleh karena itu tentunya akan memudahkan kamu supaya lebih paham lagi

1. Pilihlah instruksi dari internet maupun buku

belajar gitar
Internet adalah sumbernya ilmu. Segala hal yang kamu perlukan pastinya akan ada di internet khususnya di Mbah Google. Kamu dapat menggunakannya untuk belajar gitar secara otodidak Sama halnya pada artikel ini kita juga mencoba membahas mengenai bagaimana cara belajar gitar yang mudah untuk pemula
Disamping itu supaya kamu tetap konsisten belajar serta latihan coba kamu susun agenda harian di samping itu kamu dapat bikin suatu target yang khusus hal tersebut dipraktekan dijalankan, supaya kamu bisa menguasai cara bermain gitar dengan waktu yang singkat
Segalanya tergantung pada niat serta semangat yang kamu punya setidaknya dalam waktu 1 bulan kamu tentu harus mampu membawakan suatu lagu agar bisa dimainkan

2. Cari musisi yang profesional

cara belajar bermain gitar
Seusai kamu memiliki kemampuan mengasah chord gitar dasar, tambahkan lagi kemampuan yang kamu punya diantara cara yang bisa menambah kalian itu ialah dengan membiasakan menonton musisi favoritmu yang lagi pentas
Dengan begitu akan muncul motivasi sendiri agar senantiasa berlatih supaya kamu dapat seperti dia demikian Salah satu cara Bagaimana kamu bisa Mahir dalam bermain gitar dengan cepat

3. Pelajari bagian-bagian pada gitar

bagian bagian gitar
Nah perihal ini Tentunya juga salah satu hal yang sangat utama kamu wajib melatih dan mempelajari komponen-komponen yang ada pada gitar.
Hal ini kedepannya akan meningkatkan wawasan kamu mengenai bagaimana menghasilkan suatu suara yang enak untuk didengar.

4. Latihan secara rutin

Latihan secara rutin
Hanya teori saja Belumlah memadai Jika kamu ingin Mahir dalam bermain gitar Oleh sebab itu kamu pula mesti berlatih dengan teratur dan rutin setiap hari supaya tangan-tangan kamu menjadi terbiasa ketika menekan senar berdasarkan chord gitar dasar
Yang awalnya belum terbiasa disaat kamu senantiasa latihan secara berulang-ulang tentunya kamu akan terbiasa dan pada akhirnya akan lebih ahli.
Kamu dapat memanfaatkan waktu senggang buat latihan belajar gitar Jika mendapati kesusahan belajar otodidak kamu dapat meminta teman atau keluarga mu yang sudah ahli dalam bermain gitar untuk mendampingi

5. Melatih memori otot tangan

cara belajar gitar
Saat kamu telah dapat membiasakan jari kamu dengan chord dasar gitar maka latihan berikutnya ialah berlatih memainkan gitar Dengan tidak melihat senar gitar sama sekali.
Bagaimana caranya ?ya seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya kamu tentunya harus membiasakan latihan supaya tangan kamu selalu terbiasa dengan letak senar dan fretnya.
Cobalah untuk berkonsentrasi pada sebuah lagu Hingga pada ujungnya kamu dapat memainkan lagu itu tanpa melihat senarnya. Belajar terus dan terus.

6. Kelola kepalan pada ujung jari kamu

gitar kepalan tangan
Terus bagaimana jika tangan saya ukurannya yang berukuran kecil begitu kecil sehingga tidak dapat memainkan gitar dengan penuh.
Kamu tinggal membuang istilah tidak bisa tersebut dalam cara belajar bermain gitar. Gantilah menjadi saya pasti bisa nantinya mudah-mudahan kamu akan mampu dan biasa dalam memegang gitar dengan sempurna

7. Bangun kekuatan fret tangan kamu

cara bermain gitar
Kamu boleh melatih kekuatan fret tangan kamu dengan meremas-remas suatu objek yang serupa misalnya bola paling tidak 5 menit lah. Hal tersebut ada maksudnya supaya tangan kamu tidak menjadi kaku ketika bermain gitar.
Apabila tidak ada objek misalnya pula kamu pula dapat memakai squishy atau spons agar melatih kekuatan free tangan kamu.

8. Awalilah dengan memainkan Suatu lagu

cara bermain gitar
Sudah melewati langkah-langkah yang begitu panjang tentunya kamu sekarang telah mulai terbiasa dalam memainkan gitar bukan ? Nah waktunya sekarang ialah kamu berlatih untuk memainkan sebuah lagu sesuai favorit kamu.
Simpelnya ialah kamu belum mampu menguasai sebuah lagu kamu tidak janganlah janganlah terlebih dahulu aku yang lain fokus saja dengan satu lagu Nanti kalau sudah telah ahli cara belajar bermain gitar bisa udah pindah yang lain.
Demikianlah tutorial singkat mengenai bagaimana cara belajar gitar yang mudah khusus untuk kamu yang masih newbie. Mudah-mudahan bisa menambah wawasan kamu 🙂

Tidak ada komentar:

Posting Komentar